Sabtu

Mengenal 8 Ciri-ciri Cinta

SEBUAH cinta tentu saja mempunyai makna pada sebuah kehidupan setiap manusia yang ada di dunia. Berbagai orang termasuk Anda hidup dengan berbagai kisah cinta dalam perjalanan kehidupannya, dan tak jarang juga seseorang salah persepsi mengenai keberadaan sebuah cinta.

Sehingga dari kisah kelam yang terjadi pada banyak orang menyalahkan kehadiran cinta yang diberikan oleh Tuhan kepada setiap bentuk maklhuk hidup di dunia ini.

Apakah cinta itu musibah? Mungkin pada fikiran seseorang pernah menghujat kehadiran cinta dalam getirnya hidup yang dijalani. Patah hati, putus asa, tanpa harapan, ataupun adanya ketidakadilan. Pada kondisi yang sulit, dan berapa banyak pun seseorang ada disampingnya, semua terasa sunyi tak ada seorang pun yang pernah mengerti beratnya situasi.

Cinta adalah sebuah anugerah rasa, cinta itu tulus, cinta itu memberi, dan cinta itu adalah tindakan penuh kasih sayang yang diberikan kepada setiap orang dengan bentuk kepedulian tanpa berharap dikembalikan.
Jika pernah Anda berpikir cinta itu menyakiti, segeralah buang fikiran tersebut. Itu bukan cinta, larilah, dan jangan membuang waktu Anda untuk sesuatu yang hanya menyakiti hati Anda. Cinta Anda begitu hebat untuk sesuatu yang membunuh kekuatan dari rasa cinta itu sendiri.

Saat seseorang berada di puncak kebahagiaan akan sesuatu yang di raihnya, bisa dipastikan cinta bak surga dunia dan Anda adalah rajanya. Tetapi saat seseorang terjatuh karena kesalahannya, tak jarang seseorang menghakimi cinta seenaknya sendiri.

Banyak persepsi yang memberikan arti serta esensi dari sebuah cinta. Bahkan berbagai pepatah termasyur yang ada di seluruh dunia, turun tangan untuk memuji dan juga menghujatnya.

Tetapi apakah seseorang sadar, tanpa adanya cinta, apakah arti kehidupan ini? 

Jika manusia tak diberikan rasa cinta, seseorang akan menjadi seonggok daging yang bergerak hanya karena logika, tanpa memiliki rasa apapun dalam kehidupannya.

Cintalah yang selalu membangunkan Anda setiap paginya, cintalah yang selalu memberi kasih sayang dari semua orang, cintalah yang memberi gairah kehidupan, cintalah yang membuat suatu perdamaian, dan cinta juga yang membuat Anda ada di dunia.

Sebuah kehidupan yang berdiri akan kekuatan ketulusan cinta tak akan termakan zaman. Semua pendahulu kita banyak yang mempraktikkannya, dan keharuman namanya sampai sekarang masih membekas pada hati kita semua.

Karena hakikatnya cinta itu abadi dan bukan untuk menguasai.

Nabi Muhammad SAW, Bunda Teresa, Mahatma Gandi, Darta Gautama, dan berbagai tokoh besar lainnya.

Apakah semua tokoh itu hilang dari ingatan dan hati Anda?

Sudah pasti tidak.

Beliau hidup karena kekuatan cinta, memberi, memberi, dan hanya memberi karena beliau memiliki visi hidup dengan kekuatan cinta sejati.
Cinta itu tak pernah menyakiti, cinta itu selalu memberi kebahagiaan dan mendewasakan, apapun yang Anda rasakan. Untuk itu, mari lebih mengenal ciri-ciri dari cinta sejati, agar Anda dan kita semua tidak pernah salah mengartikan kehadirannya.

1. Kekuatan. Cinta adalah sumber kekuatan yang paling hebat di dunia ini. Saat Anda merasakan kehadiran sebuah cinta dalam hidup. Tubuh, fikiran, dan hati Anda terasa memiliki kekuatan yang dahsyat untuk menghadapi rintangan setiap detik dari hari-hari Anda. Cinta terhadap Tuhan, pasangan, pekerjaan, keluarga, ataupun cinta terhadap diri sendiri. Cinta itu luas, setiap sisi dari kehidupan memerlukan cinta untuk menghadirkan kekuatan yang sebenarnya dalam diri Anda. Kekuatan yang penuh kasih, dan bukan untuk menyakiti itulah kekuatan cinta.

2Gairah. Cinta adalah passion atau gairah paling besar dalam hidup. Tanpa adanya cinta, hidup akan terasa kosong. Kesukaan Anda kepada pasangan, hobi, pekerjaan, suatu benda, makanan, dan lain sebagainya tak akan pernah ada. Cinta akan memberikan gairah penuh dalam setiap kecintaan Anda pada suatu hal. Semua orang besar yang sukses dalam suatu bidang, pasangan, keluarga, serta karirnya memiliki passion yang kuat. Hal tersebut karena kecintaannya kepada suatu hal yang membuat kehidupannya semakin bertambah hidup lagi.

3. Percaya. Cinta adalah sebuah kepercayaan sejati satu dengan yang lain tanpa memikirkan dan melakukan tindakan untuk menghilangkan rasa percaya itu sendiri. Cinta akan membimbing Anda pada suatu kepercayaan terhadap pasangan, karir, keluarga, sahabat, dan berbagai hal lainnya. Cinta dan percaya adalah satu bagian inti sebuah komunikasi rasa. Tak akan pernah ingin menyakiti satu dengan yang lain, dan saling menghargai kepercayaam itu sendiri. Hal tersebut terjadi karena dasar cinta! Percayalah akan cinta, maka cinta akan memercayai Anda.

4. Bahagia. Cinta adalah sumber rasa, suka, ceria, senang, berbunga-bunga, dan semua rasa itu memberikan kebahagiaan hidup karena adanya cinta. Sebuah rasa yang diberikan oleh cinta kepada hati Anda. Dasar kebahagiaan adalah cinta, dan cinta memberikan kehidupan untuk Anda menjadi orang lebih bahagia dari sebelumnya. Jika rasa itu menyakiti, jelas itu bukan cinta, tetapi nafsu belaka.

5. Rindu. Cinta adalah sebuah daya untuk saling menarik kedua belah pihak yang sama-sama merasakan cinta, jika tidak berjumpa akhirnya kerinduan akan tercipta. Kerinduan akan seseorang menandakan hadirnya cinta dalam diri Anda. Rindu akan kehadiran seseorang ataupun segala sesuatu yang Anda cintai dalam hidup ini. Perasaan tulus untuk terus memberikan rasa cinta kepada seseorang ataupun sesuatu yang Anda cintai secara terus menerus dan konsisten. Tetapi, terkadang seseorang salah mengartikan rasa rindu dengan hawa nafsu. Jika sesuatu harapan atas keinginan seseorang dalam suatu hal belum tercapai, amarah yang ada dalam diri seseorang memuncak, dan akhirnya fikiran curiga, posesif, dan ingin menang sendiri menjadi ego dari nafsu yang ada dalam diri seseorang. Hal tersebut sudah jelas, itu bukan rindu tapi hanya ego dari sebuah nafsu.

6. Bijaksana. Cinta adalah petunjuk kehidupan untuk lebih mendewasakan pribadi, hubungan, serta kematangan akan kebijaksanaan pilihan. Suatu hubungan ataupun segala hal yang berhubungan dengan rasa cinta, akan memberikan sebuah fikiran untuk saling berkembang dan menuju ke arah masadepan yang lebih baik. Hubungan ataupun segala sesuatu yang tidak dilandasi rasa cinta, maka tanggung jawab pada hal tersebut tidak akan berjalan lama. Cinta yang benar akan mengarah diri seseorang pada segala bentuk pilihan yang menjadikan diri seseorang lebih bijaksana dalam memutuskan suatu pilihan dengan matang, tanpa merugikan banyak pihak dalam hidupnya.

7. Menghargai. Cinta akan memberikan rasa nyaman kepada siapapun yang ada dikehidupannya. Menghormati dan dihargai adalah dasar sebuah cinta. Suatu hubungan yang diluar dari aspek ini, sudah bisa dipastikan bukan cinta yang seseorang temukan. Cinta tidak akan menyia-nyiakan, ataupun menyakiti hati seseorang. Jika hal tersebut cinta, maka saling memberi dan menghargai akan tercipta dalam suatu hubungan. Prinsip dari cinta itu sendiri adalah cinta akan menarik cinta lainnya, jika bukan rasa nyaman yang Anda dapat dari hubungan tersebut, jelas itu bukan cinta.

8. Saling Memiliki. Cinta adalah rasa memiliki satu dengan yang lain. Cinta adalah sistem keterikatan satu dengan yang lainnya. Hubungan spiritual mengenai rasa untuk ingin saling menguatkan, menumbuhkan passion, menjaga kepercayaan, membahagiakan, saling merindukan, bersikap bijaksana, menghargai, dan jika semua sifat cinta itu ada dalam sebuah hubungan, rasa saling memiliki akan tercipta. Hal tersebut karena rasa tarik menarik sebuah frekuensi cinta yang memiliki titik temu yang sama, sehingga menimbulkan romantisme jiwa pada suatu hubungan yang sehat.
Cinta itu pasti ada dalam kehidupan. Dan cinta itu pasti memberikan masadepan untuk semua bentuk kehidupan yang ada di alam semesta ini. Sebuah cinta tercipta untuk menyatukan berbagai sudut pandang dengan satu cara penuh ketulusan untuk saling mengerti, menghormati, dan menghargai satu dengan yang lain.

Jangan pernah menyalahkan, menjauhi, dan memusnahkan cinta dalam keterpurukan hidup ini. Karena dengan mengenal semua ciri-ciri dari sebuah cinta, maka Anda akan sadar betapa hebatnya cinta dapat membangkitkan hidup menjadi lebih baik lagi. Cinta memiliki segala inti dari unsur kebaikan dalam hidup. Dengan cinta semua menjadi saling mengisi dan kehidupan terasa sempurna.
Berjuanglah dengan cinta, bukan memperjuangkan cinta.
Cinta tidak perlu diperjuangkan. Jika itu cinta maka suatu hubungan akan saling memperjuangkan. Apapun  tujuan, dan impian Anda dalam hidup ini, berjuanglah dengan cinta. Cintai apa yang sudah Anda miliki kemarin, sekarang, dan masadepan nantinya. Berjuanglah dengan cinta, rasakan kekuatannya masuk ke dalam jiwa dan kehidupan Anda sehingga keajaiban muncul dalam diri Anda.

Satu rasa dan jangan pernah mencampurnya dengan hal lainnya. Cinta adalah cinta, bukan tuntutan untuk menyengsarakan hidup Anda. Karena esensinya cinta itu bahagia, dan cinta tidak ingin membuat siapapun yang ada di dunia ini menderita.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.